Selasa, 26 Maret 2013

Pola Hidup Sehat Alami Serta Kaitannya dengan Posisi Saing Produk Bahan Alam Indonesia

Pola Hidup Sehat Alami Serta Kaitannya dengan Posisi Saing Produk Bahan Alam Indonesia - Di zaman modern ini, tetap sehat (terutama secara alami) merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditawar lagi. Di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin padat dan banyaknya polusi yang terjadi di sekitar kita, membuat masyarakat menjadi aware bahwa kesehatan adalah aset yang harus tetap dijaga. Hal ini tentu saja pada akhirnya mempengaruhi gaya hidup dari masyarakat. Dan, salah satu yang berkembang pesat akhir-akhir ini adalah gaya hidup sehat secara alami yang gencar dipublikasikan di media-media Indonesia, yang turut melahirkan banyak produk-produk di bidang kesehatan.
Obesitas dan munculnya beragam penyakit
Obesitas merupakan salah satu epidemi global yang terjadi saat ini. Hal ini dikarenakan, fenomena obesitas tidak hanya terjadi di negara maju saja, tetapi juga dapat ditemui di negara berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa obesitas tidak memiliki hubungan dengan tingkat kesejahteraan suatu negara. Obesitas terjadi akibat dari tidak seimbangnya antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dikeluarkan. Jika dilihat dari sudut pandang tersebut, maka pola hidup dan pemilihan jenis makanan adalah hal yang paling berpengaruh terhadap timbulnya obesitas. Sebagai mana kita tahu, dewasa ini, industri makanan di dunia banyak dikuasai oleh makanan cepat saji dan yang mengandung gula: dua jenis produk makanan yang notabene mengandung banyak kalori.
sehat, alami, produk indonesia
obesitas foto: BBC
Obesitas selain menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyebab penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan juga penyakit kardiovaskular yang berujung pada serangan jantung, juga membawa dilema tersendiri pada segi estetis. Tentu saja, penderita obesitas akan tidak enak dipandang mata karena ukuran badan yang terlihat tidak proporsional.
Obesitas turut menjadi salah satu gejala pola hidup modern karena tak ada data statistik tentang obesitas pada 50 tahun silam. Perang melawan obesitas mulai diterapkan di berbagai negara di dunia karena memang mengandung konsekuensi yang tidak sederhana. Di Prancis misalnya, per 1 Januari 2012 kemarin, pajak telah diterapkan pada berbagai minuman yang mengandung gula, seperti minuman bersoda, susu dan jus buah. Tidak hanya berhenti begitu saja, hal ini juga disertai pelarangan penjualan permen-permen di sekolah yang ada di Prancis pada beberapa tahun silam. Hal ini untuk mencegah terjadinya obesitas sedari dini.
Penyakit Masa Kini Vs Pola Hidup Sehat Alami dengan Produk bahan alam herbal Indonesia     
Indonesia, salah satu negara yang kaya akan produk sumber daya alam nomor satu di dunia. Tercatat, Indonesia memiliki 7500 tanaman berkhasiat dan sekitar 400 spesies dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Jika menilik dari beberapa tahun terakhir, dimana munculnya penyakit didominasi akibat pola hidup tak sehat dan alami, maka pola penyakit pun mengalami perubahan. Sekarang ini, pola penyakit lebih didominasi oleh penyakit kronis seperti kolesterol, hipertensi, diabetes dan kanker. Keadaan ini turut menyebabkan masyarakat untuk lebih memilih obat herbal untuk pengobatan penyakit dibanding obat kimia/sintetik.
Menurut Direktur Penilaian Obat Asli Indonesia BPOM, dr Sherley, kecenderungan penggunaan penggunaan obat herbal oleh masyarakat baik untuk menjaga kesehatan maupun mengobati suatu penyakit , cenderung meningkat di negara berkembang maupun di negara maju, termasuk Indonesia. Ini dibuktikan dengan pasar obat alami Indonesia. Pada 2003 saja, pasar obat alami sekitar 2,5 triliun, pada 2005 sebesar 4 trilyun dan pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 8 trilyun.
Tantangan Produk Herbal ke Depan untuk Mewujudkan Hidup Sehat Alami    
sehat, alami, produk indonesia
bisnis jamu PT MBTO
Industri obat alami harus bisa berkembang mengingat potensi obat herbal Indonesia yang melimpah dan kecenderungan masyarakat untuk memilih obat herbal. Di tengah kepungan Industri farmasi yang semakin massif, industri obat alami harus bisa menepis segala keraguan akan kualitas serta keamanan dari obat herbal yang digunakan. Dan, memang hal inilah yang sulit untuk dilakukan mengingat butuh biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu amatlah diperlukan kerjasama antara industri obat terstandar yang sudah maju, para akademisi dan juga dorongan pemerintah untuk turut mendongkrak agar budaya tak benda yakni racikan leluhur Indonesia sebagai obat herbal ini pada akhirnya bisa dibawa bersaing di tengah industri produk obat-obatan Indonesia.
Indonesia selayaknya bisa belajar dari Cina yang telah berhasil mengembangkan industri obat-obatan tradisional dari produk bahan alami. Konsumsi produk obat herbal di Cina saat ini telah mencapai 30-50% dari total konsumsi obat di bidang kesehatan. Potensi produk bahan alam yang dimiliki oleh Indonesia ini harus bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin agar bisa manambah daya saing bangsa menuju kemandirian. Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar